Jalan Pahlawan No. 1 Timbau Tenggarong Telp. (0541) 661350 Fax. (0541) 664507 diskominfo@kukarkab.go.id
logo
BERANDA
  • SELAYANG PANDANG
    Sejarah Kukar Kependudukan Potensi Daerah Prestasi dan Penghargaan
  • MEDIA
    Video Dokumen Infografis E-Magazine
  • PEMERINTAHAN
    Tugas dan Fungsi Struktur Organisasi Visi Misi Kukar Strategi Daerah Program Strategis Bupati Kukar Sepanjang Masa Transparansi Keuangan
  • BERITA PPID

    Berita.

    Berita Rapat Audiensi Layanan Panggilan Gawat Darurat 112
    Kembali
    11 Nov 2021

    Rapat Audiensi Layanan Panggilan Gawat Darurat 112

    Diskominfo

    Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Sunggono hari ini, Kamis (11/10/21) memimpin rapat audiensi layanan nomor tunggal panggilan darurat 112. Rapat berlangsung di Ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar di Tenggarong.

    Audiensi tersebut dihadiri Kepala Dinas Kominfo Dafip Haryanto, Kepala Bidang E-Gov Hendra Wardana, Kepala Dinas Kesehatan Martina Yulianti, Kasub di Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah Kukar Joni Ringgo , BNPB , Satpol PP, Pemadam Kebakaran dan Eric dari PT Jasnita selaku penyedia layanan yang menawarkan sistem Call Center 112.

    Rapat Audiensi dibuka dengan pemaparan dari PT Jasnita Eric. Disampaikan bahwa manfaat call center bagi publik adalah untuk memudahkan masyarakat ntuk melakukan pelaporan kondisi darurat, mempercepat penanganan kondisi darurat oleh satuan terkait, mengurangi resiko terhadap gangguan dari masing masing individu maupun masyarakat, dan mengurangi dampak bahaya yang ditimbulkan oleh keadaan darurat.

    Dalam arahannya Sekda Kukar Sunggono mengatakan bahwa alasan penting dibentuknya call center Siaga 112 ini adalah untuk mempermudah koordinasi penanganan keadaan gawat darurat antara perangkat daerah, instansi pemerintah, dan instansi terkait lainnya. Selain itu adalah untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat dalam menangani keadaan gawat darurat dan mempermudah masyarakat mengingat nomor panggilan darurat.

    Ditekankan oleh Sekda Kukar tentang pentingnya call center tunggal dalam pelayanan kedaruratan. Untuk itu diharapkan Dinas Komunikasi dan Informatika Kukar untuk melakukan sinergi dan mengintegrasikan pihak OPD yang memiliki nomor panggilan yang berbeda-beda. Hal ini akan mengoptimalkan respon time sebagai solusi dari persoalan keterlambatan layanan kedaruratan.


    Dalam audiensi tersebut kondisi wilayah, regulasi, respon time, pengintegrasian, sinergitas dan sistem konektivitas kedaruratan menjadi topik bahasan yang hangat.

    Bahasan tersebut nantinya akan menjadi kajian telaah dan akan dijadikan bahan masukan untuk pengembangan dan  perbaikan pelayanan kedaruratan yang efektif dan efisien di Kabupaten Kukar. 

    Oleh karenanya Sekda Sunggono menekankan kepada semua OPD dan instansi terkait, untuk membuat SOP sesuai tupoksi dan kewenangannya. Dengan demikian jika ada komplain atau laporan dari masyarakat, OPD atau instansi terkait sigap dan responsif terhadap aduan yang masuk.

    Sekda Sunggono berharap jika hal ini dapat diwujudkan, maka fasilitas layanan tersebut benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. "Kami harap terobosan itu bisa segera diterapkan dan berjalan sesuai harapan, karena akan lebih mempermudah masyarakat saat gawat darurat," harapnya.



    Bagikan ke Facebook Tweet Bagikan ke Google+ Bagikan ke Pinterest Bagikan ke Tumblr Kirim melalui Email
    Berita Kabupaten

    13 Sep 2025
    Lurah Melayu Aditiya Rakhman Bentuk dan Terbitkan SK Posbankum dan Posyantek
    13 Sep 2025
    Pemerintah Kelurahan Melayu Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas RT dalam Pemanfaatan Sistem Informasi Prodeskel
    12 Sep 2025
    Bupati Kukar Hadiri Proses Penilaian Adiwiyata di SMPN 2 Tenggarong
    12 Sep 2025
    Wagub Kaltim dan Bupati Kukar Panen Demplot Padi LEISA di Bukit Biru Tenggarong
    12 Sep 2025
    Diskominfo Kukar Kenalkan Pengelolaan Smart Pole dan Command Center kepada Siswa PKL
    11 Sep 2025
    Pemkab Kukar Peringati Maulid Nabi, Bupati Aulia Rahman Basri Tekankan Pentingnya Uswatun Hasanah
    11 Sep 2025
    Gubernur Kaltim Harum: ”APBD Alat Untuk Memenuhi Kebutuhan Nyata Masyarakat”
    11 Sep 2025
    Tim Penilai Penghargaan Adipura Kunjungi Kantor Diskominfo Kukar

    Terhubung

    Email:
    diskominfo@mail.kukarkab.go.id

    Alamat:
    Jalan Pahlawan No.1 Timbau Tenggarong


    Telp. (+62) 541 661350

    Fax. (+62) 541 664507


    Link Terkait

    Bapenda
    Bappeda
    Dinas Kearsipan dan
    Disdikbud
    Diskominfo
    DPMPTSP
    Sekretariat Daerah

    © 2021 Kabupaten Kutai Kartanegara All Rights Reserved - Developed by Diskominfo Kukar