Penulis/Fotografer: Sephia Caesaria Attara (Tenaga Ahli Peliputan)
Editor: Zainul Effendi Joesoef (Pranata Humas Ahli Muda)
Asisten Pemeriksa Laporan Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Timur Frederikus Denny Christyanto menyampaikan materi bertajuk Peran Ombudsman dalam Penanganan Kendala Pengutamaan Bahasa Negara di Kalimantan Timur pada Senin, 2 Juni 2025. Presentasi tersebut disampaikan di Ruang Serbaguna SMAN 2 Tenggarong sebagai bagian dari kegiatan Audiensi Pembinaan Lembaga dalam Pengutamaan Bahasa Negara yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Timur.
Asisten Ombudsman Perwakilan Provinsi Kaltim menjelaskan bahwa Ombudsman memiliki kewenangan menangani laporan masyarakat terkait dugaan maladministrasi, termasuk penyimpangan dalam pelayanan publik yang dapat merugikan warga secara materiil maupun immateriil.
“Salah satu isu penting yang kami soroti adalah penggunaan Bahasa Indonesia dalam pelayanan publik. Ketidaksesuaian penggunaan bahasa dapat memicu salah paham dan menjadi bentuk maladministrasi terselubung,” ujarnya.
Ditekankan bahwa pengutamaan Bahasa Indonesia merupakan bagian penting dari pelayanan publik yang profesional, jelas, dan akuntabel. “Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Timur aktif melakukan pengawasan melalui penerimaan laporan, konsultasi, hingga evaluasi kepatuhan instansi terhadap standar pelayanan publik,” ujarnya.
Lebih lanjut disampaikan bahwa penguatan penggunaan bahasa negara selaras dengan prinsip Tri Gatra Bangun Bahasa, yaitu mengutamakan Bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing. "Prinsip ini mendukung terciptanya pelayanan publik yang inklusif dan bebas dari maladministrasi," tuturnya.
Melalui kegiatan tersebut diharapkan terjadi sinergi yang kuat antara lembaga publik di Kalimantan Timur dan Ombudsman RI. “Tujuannya untuk menciptakan ruang layanan yang komunikatif dan berorientasi pada kepentingan masyarakat, dengan menjadikan bahasa negara sebagai instrumen utama komunikasi resmi,” pungkasnya.
#pengutamaanbahasanegara #bahasaindonesia #pelayananpublik #ombudsmanri #ombudsmanriperwakilankaltim #kutaikartanegara #kalimantantimur #trigatrabangunbahasa #cegahmaladministrasi